Minggu, 22 Juni 2008

Si Legam LULUS!!

Bulan2 ini lagi ribet2nya masalah sekolah. Papa saya, pagi2 bgt udah bingung ngurusin mau kemana adik saya mau ngelanjutin sekolah???

Baru beberapa waktu kemaren adek saya si Legam, lulus SMP.

Peristiwa ini mengingatkan saya bahwa setiap orang pada akhirnya toh bakalan LULUS juga. Dalam hal apapun. Semua manusia akan berkembang dari embrio sampai tua, sampai akhirnya tewas dengan sukses, kalau beruntung dia akan mati meninggalkan kenangan bahkan menjadi sejarah abadi umat manusia yang lain, kalo nggak ya……..terima nasib aja.

perkembangan manusia yang satu dengan yang lain itu berbeda-beda. Kita tidak bisa memaksakan nasib kita pada manusia lain, lebih2 membandingkan. Semua jiwa akan memiliki masalah yang berbeda-beda sebagai media pendewasaan diri. Semua orang bisa jadi pemenang atau pihak yang kalah dalam hidupnya, tergantung bagaimana si orang itu menghadapi bersikap dalam setiap masalahnya.

Saya pernah punya cerita:

Waktu itu, saya lagi sarapan didepan kampus sastra, saya sarapan sama mahasiswa2 yang lain. Tiba2 ada mobil Nissan Xtrail melintas. Yang naik mobil nurunin kaca mobil, terus nyapa kenalannya yang lagi makan bareng2 sama saya. Tiba2 seseorang didepan saya nyeletuk “pake fasilitas orangtua aja belagu!! Saya dong, dari kecil hidup susah, jauh kalau dibandingin sama yang kayak gitu…tapi saya jauh lebih merasakan esensi hidup! Nggak cuma hidup enak2 doang!”

Weeeewwww!!!

Nyebut mas…

Sabar…

Lagian sapa juga yang mau bandingin kamu sama dia…hehehe

Nasib manusia itu heterogen, kalau dari kecil kamu udah hidup susah, tau esensi hidup, ngerti makna hidup, ya bagus dong! Kamu jadi punya banyak pengalaman.

Nah, si Nissan Xtrail Driver itu juga beruntung dong, punya orangtua mampu yang bisa ngasih dia mobil…(lagian belum tentu juga itu mobil orangtuanya, kali2 aja minjem! Hehe) udah gitu, buat semua orangtua, bisa memfasilitasi anaknya dengan mobil itu kebanggan tersendiri lho!

Buat saya, si Nissan Xtrail Driver itu pun nggak belagu, dia cuma mau nyapa temen2nya doang, daripada dianggap sombong! Ya tho?

Positif thinking dikitlah…

Hehehe…

Pada akhirnya kita emang akan kembali ke titik nol. Bahwa manusia itu diciptakan lengkap dengan nasib dan rejekinya, kita nggak bisa memaksa orang lain untuk jadi sama dengan kita. Belum tentu kalau si Pengkritik itu dikasih kaya dia bisa jadi manusia yang lebih baik. Belum tentu juga kalau si Nissan Xtrail Driver dikasih hidup susah dia bakal gagal. Semuanya sudah diatur men…

Bolehlah kita bersikap idealis, tapi bukan berarti harus menjudge orang seenaknya.

Apalagi menghakimi orang dari tampilan luar, itu judge minded namanya. Menghakimi orang, cuma dari apa yang kita pikirkan. Bo, kita ini cuma pengamat dan penikmat sekitar, bukan hakim.

Tidak ada komentar: