Senin, 27 Oktober 2008

kelas ekonomi

Tadi saya ikut kuliah ekonomi…
Oke, gak nyambung!!
Tapi berhubung sekarang saya rada tertarik dengan dunia perdagangan, saya iseng2 nyoba ikut kelas ekonomi.
Ternyata…
Ribeeetttt!!!!
Mungkin karena saya adalah orang yang paling anti dengan hitung menghitung. Kadang buat jawab 1500+2500 aja saya mesti naik dulu di gunung lawu. Ngapain? Nyari inspirasi??? Nggak, hiking!
Nyari inspirasi mah di kran sindo
Bahkan waktu lulus SMP dulu, saya pernah bilang ke mama “Ma, kuntil mau sekolah di SMA yg gak ada matematikanya…”
Mama saya jawab “kalo gitu kamu gak usah sekolah aja, soalnya semua sekolah di Indonesia ada matematikanya!”

Yaudah deh, terpaksa saya sekolah…
Mau gak mau emang harus ketemu mata pelajaran jahanam itukan?!
Gak tau ya…rasanya kalau udah liat deretan angka, mata saya langsung kunang-kunang, pikiran saya buntu, darah saya mendesir, badan saya menggigil. Mmmm….kayaknya matematika bisa bikin saya kena serangan tipes!
Pas kelas 3 SMA, saya putusin buat ikut kelas IPS aja. Yah, keputusan itu bukan gak beralasan, apalagi setelah saya dapet nilai terendah di ulangan fisika: 1,2!! Lebih parah lagi matematika: 0.
Pas saya nulis di angket jurusan, guru2 saya langsung pada maklum kalo saya milih IPS. Kalo SMA saya rada canggihan dikit, jadi ada jurusan bahasa, mending saya mau masuk bahasa aja!
Tapi ternyata di IPS saya mesti berkutat dengan ekonomi makro dan mikro. Itu itung2an juga ya cing!!
Saya berhasil lolos dengan nilai cuma2: 5,0!!
Setelah itu saya memutuskan kuliah di fakultas dan jurusan yang tidak berbau hitung2an. Ya di jurnalistik ini.
But,
Beberapa hari belakangan saya ngerasa tertantang buat belajar ekonomi, secara menyeluruh dari a sampe z.
Karena umur saya yang lumayan tuwir jadi gak bisa diterima kalo mo ikut SPMB S1 lagi, jadi saya gak bisa ambil kuliah ekonomi secara resmi. Jalan satu2nya, saya ikut belajar singkat di bank swasta.
Jam 10 saya masuk. Yang ngajar, mikirnya kemana ngomongnya kemana, kadang sambil telpon2. penjelasan dari dia juga kurang bisa ditangkap, entah suaranya yang terlalu pelan ato emang kuping saya yg budek!
Tulisannya juga kecil2 bgt, saya curiga dia nulis pake huruf braile!
Jadilah saya gak paham. Sesi satu itu berakhir jam 12.
Jam 1, masuklah lagi pengajar. Kali ini orangnya lain dari yang pertama. Kalo yang pertama muka mas-mas berdasi, kalo yang ini bola bekel berdasi.
Gendut, pendek, botak, dasi biru.
Kayak aqua galon.
Nah si aqua galon ini neranginnya jelas tapi cepeeeeet gila!!
Yang lebih parah lagi dia nanyain satu2 murid yang ada dikelas apa2 aja yg udah kita pelajari di sesi satu. Jelas aja satu kelas ngeblank!
Dah gitu, si aqua galon ini orangnya gak sabaran, jadilah kita diteken buat bisa mempresentasikan semua yg udah kita dapet di sesi satu sampe kita bisa.
Gak semua dari kita itu bego, tapi karena itu pengalaman pertama, banyak juga yang grogi, nah si aqua galon terkutuk itu gak mau tau!
Sadis memang…
Mungkin emang gini ya kalo gratisan. Udah ikut kelas gratis, dapet makan siang gratis, ya trima aja kalo dapetnya pengajar-pengen-di-lempar-pake-jepit. Selalu ada kompensasi kan!
Cuma emang yg dia omongin semuanya bener, pada intinya dia ingin memotivasi kita dan menunjukan kalo dunia bisnis itu gak gampang. Perjalanan ekonomi Negara itu penting, jadi butuh orang2 pekerja keras bermental baja berotak Einstein buat ngejalaninnya! Kalo yang ecek2 mah kelaut aje!
Dia juga bilang kalo masa depan itu kita sendiri yang nentuin. Masa depan ekonomi kita cenderung lemah, kalo kita masih leha2 aja, kita bakal terus ketinggalan. Kalo sampe sekarang cuma bisa enak2 aja, ntar tuanya kelimpungan. Gak ada dana simpenan buat terus survive. Karenanya orang perlu bekerja. Gak tergantung sama oranglain, kalo selalu tergantung, ntar gampang di bego2in orang!
Positif kan apa yang dia bilang…
Tapi caranya kampret!
Untung saya masih punya gengsi, jadi tadi dikelas gak nangis. Padahal jempol kakinya udah setengah mati gemeteran.

Tidak ada komentar: