Minggu, 26 Oktober 2008

Rabu penuh suprais!!

Saya dapet mata kuliah jurnalisme kontemporer tiap hari rebo. Dan tiap rebo, ada satu kelompok yang harus maju buat mempresentasikan bab per bab dari mata kuliah jurtem. Oke, sampai segini gak ada yang salah, saya juga punya kelompok beranggotakan tiga orang dengan saya sbg satu-satunya personel cewek, kita tergabung dalam LINGUA dengan hits single “Tak Kan Habis Cinta”.
Oke2 terlalu lebay!
Semuanya berjalan mulus, saya juga masih mengira kelompok saya dapet bab paling akhir, jadi saya bisa bebas nontonin temen2 yang ketiban sial presentasi di minggu2 awal.
Tapi….OOOOhhhh…Tuhan selalu punya rahasia!
Dan ternyata…berhubung saya gak gaul dengan pelajaran di kampus (lebih sering bolos daripada masuk, lebih sering ngelamun daripada dengerin dosen, lebih sering sok eksis tapi gak ada satupun materi yang masuk! Semuanya dengan jastifikasi “Biarin! Biarin muka saya gak diapal dosen2, ntar kalo diapalin apa2 dikit saya yang disuruh-suruh…deeeeh…males bgt!) saya dapet giliran presentasi di minggu kedua!! Oh mampus!!
Gpp sih, secara kita punya materi yang lengkap buat membahas bab “Jurnalisme Damai”, tapi yang jadi masalah…
Saya…adalah…
orang…yang…
selalu…gemeteran…tiap…disuruh…ngomong…di…depan…umum…
Saya herpes!! eh nerpes!!
Saya akui dibalik segala sifat, karisma, kecerdasan saya yang Maha Canggih, saya menyimpan sekelumit kelemahan yang gak bgt! Yeah…gpplah ya…hidupkan harus balance, kalau semua yang baik2 cuma tercipta untuk saya, ntar saya bisa dibilang maruk… (hahahaha!! wuuueeeeekkkk)
Penantian menuju rabu terkutuk itu serasa cepat, kayaknya jam dikosan saya kecepetan 30 jam setiap harinya, jadi kalau pas saya nengok jam sebelum tidur pas hari minggu, bangun2 udah hari rebo!
Kampret…
Hari rebo pagi-pagi saya mati2an ngapalin materi dengan mulut komat-kamit. Rasanya tulisan yang ada di depan saya itu adalah serangkaian mantra jahat, saya berasa lagi kesurupan ketika nyampe kampus.
Dosen mata kuliah Jurtem adalah dosen cewek ekstra tegas. Jangan harap bisa lari dari tanggungjawab tanpa kompensasi yang lebih berat lagi. Jadi percuma saja saya bolos. Malah bisa bikin semuanya tambah kacau!
Beberapa menit sebelum presentasi dimulai, mama saya sms, bunyinya “tiL…taun depan papa kamu udah gak dapet subsidi lg dr kantor. Itu artinya km udah g dapet jatah lagi…usahain kamu bisa mandiri taun depan.”

Syok…

Sangat syok…

Dengan saya yang sekarang tidak punya pegangan apa2…
Saya…harus…bisa…membiayai…sekolah…dan…kesehatan…saya…sendiri…
Dan itu gak murah ya!!
Di Negara kita yang serba aneh ini, pendidikan dan kesehatan itu mahal!!
Dua komponen paling vital bagi hajat hidup orang banyak malah yang paling ribet birokrasinya. Pendidikan dan kesehatan malah mahal luar biasa! Justru kayak baju2, tas2, sepatu2, hal2 yang gak terlalu penting malah murah…
Huh…kayaknya negara ini emang udah ter-set untuk jadi gak waras…

Karena saya emang gak kece kalo lagi presentasi, ditambah isi sms mama itu, presentasi saya jadi ngaco…kaki saya gemeteran, pundak saya berguncang, dari mulut keluar busa (ini presentasi ato epilepsi?)

Tapi beruntunglah…sejam itu berlalu dengan cepat juga. Banyak yang nanya, sebisa mungkin saya membungkam mulut mereka dengan jawaban2 singkat nan diplomatis, bodo amat mereka ngerti ato gak! Kalo masih nekat nanya lagi, mulutnya saya bekap pake sendaL!!

Pas pulang kekosan jalan saya gontai…
Angin dingin mendesir…
Hujan turun rintik-rintik…
Air mata saya mengalir…
Saya terduduk lesu di tengah jalan…
Membuka tangan sambil teriak…ya Allaaaaaaaaahhhhh….
Tiba2 bantuan datang…
Seorang bejaket hitam…
Bertopi hitam…
Berkacamata hitam…
Menunggang bebek hitam dengan kecepatan maksimum…
Si kesatria hitam itu berkata… tegas…tapi pasti…
“ojek neng?”

Oke2…itu tadi setting sinetron Cinta Fitri, tapi bagian tukang ojeknya itu bener!

Saya masuk ke kamar kos. Menjatuhan diri di kasur dengan gaya slow motion ala video klip d`masiv.
Berusaha memutar otak, bagaimana biar saya bisa tetap sekolah, kalau sakit tetep ada biaya tanpa uang dari orangtua??
Ini bukan tamparan pertama kali dalam hidup saya untuk hidup mandiri. Tapi kini saya sudah dewasa, melihat kata MANDIRI secara lebih realistis, bayangan saya kini adalah gedung bank mandiri, eh salah…bayangan saya kini adalah bagaimana saya membiayai diri saya sendiri sepenuhnya termasuk untuk hal2 penting seperti sekolah, kesehatan, biaya makan…

Lupakan hura2!!
Lupakan makan spageti !!
Sekarang makan mie instant aja ngutang! (oke, kalo ngutang mah emang kebiasaan dari dulu, gak baru sekarang)

Dulu saya cuma bisa mandiri sebatas bisa punya uang jajan sendiri, sebatas bisa mandi sendiri, sebatas bisa ngupil sendiri…

Sekarang…lain…

Saya berusaha memutar otak, berusaha tidak terpengaruh pada kondisi mental saya yang syok, berusaha tidak berlama-lama cengeng tapi segera melakukan sesuatu.
Yang ada di otak saya…adalah…ikut…asuransi…
Saya segara menghubungi temen saya yg kerja di asuransi, saya minta dia membuat simulasi kondisi saya taun depan dengan modal serendah-rendahnya untuk bisa mandiri dalam waktu 2 bulan lagi saja!

Ketemu!!

Solusi itu ada!

300 per bulan dan saya sudah bisa mendapat fasilitas biaya kesehatan.
Uang 300rb nya akan saya cari dengan kerja sambilan, terus nyisain sedikit dari jatah bulanan yang masih bisa saya dapet 2 bulan ini.
Untuk masalah pendidikan, mau gak mau, saya harus bisa cepet lulus ato cari beasiswa.

That`s the real life…

ternyata masa depan emang ada di tangan kita sendiri ya...
Kalo dari sekarang cuma bisa nyantai2, kedepannya mau gimana?


Siapun orang yang mau menjadi teman saya dalam suka dan duka, plissss….segera kontak saya. Saya butuh dukungan untuk terus maju.

Tidak ada komentar: