Selasa, 28 Oktober 2008

back to basic!!

Bandung balik lagi kayak dulu. Setelah kemaren2 mengalami masa-masa panas yang abnormal, panas banget tapi anginnya dingin, sekarang Bandung benar2 balik ke selera asal: dingin seanjrot-anjrotnya!!!
Biasanya tiap malem saya terbangun dalam kondisi lengket mampus gara2 keringetan, sekarang tiap malem saya terbangun gara2 selimutnya jatuh. Gak nahan deh kalo gak pake selimut bentar aja!
Udah gitu, ntar subuh2nya saya udah cepet2 masuk kamar kecil, mo pipis…dingin2 gini pipis saya jadi sering!
Bandung dingin gara2 sekarang udah musim ujyan, mana becyek, gak ada ojyek, bau kecyek…
Ujannya gak bisa dipastiin tiap malem aja, tiap siang aja, tiap pagi aja ato tiap sore aja. Ujannya dateng gak dijemput pulang gak dianter, selonong-rain, gitu istilahnya. Ujug2 bisa ujan, mana deres, mana saya gak punya payung! Kadang kalo si teteh kosan lagi baik, saya bisa dipinjempin payung. Kemaren2 waktu mau nge-print tugas, saya dipinjemin payung. Soalnya ujannya lumayan deres, mo nekat nabras, takut flu..
Kalo gak lagi akhir bulan sih gak masalah. Tapi kalo lagi fakir kayak gini, haram deh sakit! Dokternya mo dibayar pake apa? Pake senyuman manis dari masinis yang berkumis?
Tapi begitu saya keluar kosan, begitu buka payung, eh…tiba2 secara ajaib ujannya brenti dong!
Giliran besoknya pas yakin gak bakal ujan, dan si teteh juga lagi gak bisa dipinjemin payung, baru keluar 5 langkah dari kosan, tiba2 brrrreeeeesssss…….ujan aja gitu!
Mo balik ke kos udah kepalang basah, mana ada kuliah pagi2!
Udah gitu ya, pas nyampe kampus…dosennya gak dateng!!
Gondooookkk!!!

Emang pengen sih punya payung privat, jadi bisa setia setiap saat kayak rexona. Kalo ujan tetep bisa jalan2, gak perlu minjem2 lagi ke si teteh. Dulu saya pernah punya payung, tapi gara2 suka dipinjemin temen satu kos, jadinya rusak. Dari situ saya males beli payung lagi. Bukan males sih…lebih tepatnya gak ada uang.
Pengennya, pas saya lagi gak ada payung gini, saya bebas pinjem ke temen2 kos yang lain, tapi semua anak kos dikosan saya memegang teguh prinsip hidupnya: selama masih bisa minjem, ngapain beli?!
Sangat anak kos…
Bahkan ada yang nambahin “kalo kita mampu beli sendiri, ngapain kita dulu minjem payung kamu tiL!”
Kampret…
Biasanya, kalo bu kos sama si teteh udah gak bisa dipinjemin lagi, anak2 kos kompak gak ada yang keluar rumah. Daripada keujanan, mending di kosan. Kalau urusannya gak menyangkut hidup dan mati, mereka mending tidur!
Jadi jangan heran, kalo musim ujan gini, apalagi kalo ujannya full day, kosan saya rame! Semuanya ngumpul. Biasanya gak kayak gitu, dari pagi udah punya urusan sendiri2, pulangnya gak tentu, biar satu kosan gak mesti tiap hari bisa ketemu.

Musim ujan juga pasti bawa tragedi, apalagi kalo bukan: jemuran gak pada kering!!!
Kesel bgt deh kalo udah capek2 nyuci secara manual pake papan, tiba2 pas dijemur keujanan!
Karena konsep itulah, sekarang satu kosan kompak gak ada yang sudi nyuci baju. Semuanya pada ngirit baju. Baju kalo belum 7 kali dipake gak akan dicuci, celana jins kalo belum 70 hari, gak akan pada rela nyuci dah!
Udah gitu karena udara dingin bgt dan jatah gas dari bu Kos terbatas, kita gak bisa bikin air anget buat mandi, jadi deh males mandi…
Udah kucel, dekil, bau lagi! Anak2 kos banyak yang pada jastifikasi “gpplah…bohemian style! Hehehehe”
Emang, musin hujan tu musim gak kece…
Tapi saya tetep manis sepanjang tahun kok, gak peduli musim hujan, kemarau, duren, rambutan…keceable setiap saat! Hwakakakakakakaka… emang susah jadi makhluk manis (mau muntah? Silahkan…silahkan…boleh muntah gratis kok)

Musim ujan tu musimnya orang jualan mie rebus. Disebelah kosan saya, ada orang jualan mie rebus, tadinya semangkok 3000 perak, berhubung lagi musim ujan gini, pasaran lagi naik, dia jual mahal, jadi 4000!! Kalo anak2 kos pada protes, tu penjual seenaknya aja jawab “Mau gak? Gak mau ya udah! Bapak bikin mie sama yang mau aja!”
Diiih…sambel bgt kan…
Tapi berhubung tu bapak2 udah langganan dan bisa delivery service, kita tetep aja mesen mie disitu. Caranya gampang, tinggal naik tangga aja dikit, terus ngelongok ke bawah, terus teriak deh sekencengnya “PAAAAKKK MIE REBUS TIGA MANGKOOOK PAKE TELOR, SAWI, IRISAN CENGEK 4 BIJI SAMA BAKSOOOO!!! BAKSONYA SAPI AJA, JANGAN BAKSO IKAN, AMIISSSS!!!”
Karena banyak yang mesen, kadang si bapak suka ketuker-tuker kalo nganterin pesenan (dia nganterin pesenannya pake payung, jangan harap anak2 kos bisa minjem payungnya, itu property dagang!) kalo kita pesen mie pake bakso sapi, kadang datengnya mie pake bakso ikan, kadang malah mie polos biasa, lebih norak lagi, kadang si bapak nganterin mie yang belum dikasih bumbu. Jadi ntar dia dateng lagi tergopoh-gopoh, “Punten sadayana, bumbunya lupa!”
Telat! Mienya Udah abis pak!!
Si bapak itu jadi cengar-cengir,,, hebat juga anak2 kos, mie tawar aja diembat!
Saya nulis postingan ini juga sambil makan mie rebus, diluar lagi ujan. Tadinya mo keluar ke kosan temen, tapi males ah…gak ada payung. Hehehehehe…

Tidak ada komentar: