Selasa, 04 November 2008

Rasa Itu...

Saya barusan baca artikel tentang Cinta.
Cinta dari segala jenis.
Mulai dari cinta monyet, cinta mati, sampe cinta versi judul2 lagu dangdut kayak “cinta suci”, “cinta murni”, “cinta putih”, “cinta merah kuning ijo” dll.
Yang menarik buat saya adalah cinta monyet.
Seperti yang kita ketahui bersama, cinta monyet itu cinta-nya anak-anak. Cinta yang asal suka.
Saya juga gak ngerti kenapa dinamain cinta monyet? Kalo cinta monyet itu untuk versi anak-anak, lalu yang orang dewasa cinta apa? Cinta kingkong?
Kalo emang cintanya orang dewasa disebut cinta kingkong, pasti gak ada orang dewasa yang mau jatuh cinta, karena ntar tiap hari bawaannya merasa bersalah udah jadi penganut hewan besar, hitam, berbulu lebat.

Saya juga pernah ngerasain cinta monyet. Dulu waktu SD kelas 2, sasaran cinta saya waktu itu anak cowok kelas 6, temennya si Mbak. Demi menjaga nama baik tu cowok, namanya saya samarin aja jadi “Amat.”

Gak tau kenapa saya bisa suka sama si Amat. Orangnya biasa aja. Keren kagak, kerempeng iya! Tapi mukanya itu lho….lucuuuuuuu!!
Muka khas cowok2 yang ada di film Friends. Cool kan!
Makanya, dengan heboh, tiap jam istirahat, saya pasti cuek-bebek nyamperin kelasnya si Mbak demi ngeliat si Amat.
Pastinya saya jadi bahan ledekan temennya si Mbak karena dianggep kecepetan puber. Tapi bodo amat, yang penting bisa liat si Amat.

Sepanjang kelas dua sampe si Amat lulus, saya gak pernah sekalipun tegor-tegoran sama dia. Semuanya bener2 cuma liat2an doang. Kadang si Amat senyum, kalo dia senyum saya berasa terbang ke langit-langit sekolahan, terus kejedug dengan merdunya. Kalo dia cuek, saya gak sakit hati, waktu itu saya liat dia aja udah seneng, kalo dia senyum saya anggep bonus, kalo dia diem ya udah gak apa-apa.

Saya gak pernah nulis surat atau titip salam. Temen saya waktu itu si Ivo nyaranin saya buat nulis surat cinta. bego juga dia, secara saya masih kelas 2 SD, jangankan Amat, saya aja gak bisa baca tulisan saya sendiri.
Mungkin bagi Amat saya gak nulis surat itu suatu doa yang terkabul. Diem2 dia pasti stress dikejar2 adik kelas imbisil yang belon lancar baca tulis hitung. Tiap hari dikecengin bronding (kebalikannya brondong) aja pasti bikin hari2nya selalu indah buat bunuh diri, apalagi sampai dikirim surat cinta oleh si bronding itu, pasti akan menekan psikologisnya seumur hidup. Membaca tulisan cakar ayam saya akan membuat dia cacat mental permanen.

Setelah si Amat lulus dan melanjutkan pendidikannya ke SMP, saya merasa sedih, kehilangan untuk…………………dua hari pertama.
Hari ketiga saya udah bisa main2 lagi sama temen2, seolah-olah gak pernah kenal sama si Amat sebelumnya. Sampe sekarang pun saya gak pernah berminat mencari cinta monyet saya itu, padahal dia temennya Si Mbak, pastilah si Mbak tau kabarnya dia, secara si Mbak sama temen2nya itu hobi reuni.
Bayangin, reuni bisa sebulan sekali !!!
Saya gak bisa menebak perubahan krusial apa yang bisa terjadi pada diri seseorang dalam waktu sebulan.
Mungkin pas mereka bertemu, mereka pada bilang “ih…poni kamu udah ada kemajuan sesenti ya, kan bulan kemaren baru delapan senti, sekarang udah 9 senti lho! Sembilan! Sembilan!”
sangat mengharukan.

Kalo sekarang dibandingin, cinta yang dialami orang dewasa jauh lebih rumit. Kalo anak-anak cuma berpikir satu hal: saya suka sama dia.
Maka orang dewasa akan memikirkan banyak hal sebelum mencintai seseorang, Agamalah, fisiklah, keluargalah, statuslah, rasa nyamanlah, uanglah…
Hal2 yang sebenarnya tidak dikenal cinta.
Karena setau saya, cinta tidak pernah bersyarat. Yang akhirnya meribetkan itukan orang2nya.

Ketika anak-anak, kita tidak pernah meribetkan satu hal pun. Yang menjadi fokus kita adalah: kita suka sama dia. Apapun urusan disekitarnya itu tidak jadi masalah. Bahkan perkara dia juga suka kita atau tidak, itu bukan hal yang memusingkan. Yang penting adalah kitanya sendiri.
Setiap hari kita merasa senang karena bisa menemukan sesuatu yang baru. Bisa menyukai orang diluar keluarga kita sendiri. perasaan mejadi dewasa padahal masih ngompol.
Perkara kita diledek-ledekin juga cuek aja. Gak ada rasa sakit hati dan gak ada rasa pamrih. Semua berjalan damai.
Perasaan kehilangan setelah menyukai setahun bisa hilang dalam waktu dua hari. Coba orang dewasa, pacaran 3 bulan, trus putus, nangis darahnya bisa dua tahun!
Belum lagi kalau muncul perasaan dendam. Wah…bisa gawat! Orang yang abis putus cinta sangat berpotensi berubah jadi Nyi Pelet, suka dendaman.

Kemana ya perasaan masa bodoh kita dulu?
Kemana perasaan bebas merdeka ketika bisa menyukai seseorang? Kenapa sekarang, setelah dewasa, muncul perasaan2 yang justru destruktif. Cinta malah dianggap sebagai hal yang berpotensi menghancurkan. Padahal, kita dulu pernah merasakan,
rasa damai ketika mencintai seseorang.

Tidak ada komentar: