Jumat, 29 Agustus 2008

Be Human

Mikirin negara di siang bolong, gara2 nemu buku Max Havelaar di Gramed...
Jadi inget arya wae, temen saya yg ajaib itu, yg suka ngomongin negara, politik, ekonomi, ideologi dan semua ambisinya sampe2 saya ngira dia itu semacam suhu sekte tertentu (hohohohoho...maaaaaaaaafff bro!)
tapi mungkin bener juga apa yg dibilang arya. negara kita udah terlalu semrawut. saya tidak akan menyalahkan seseorang atau sekelompok orang atau siapapun untuk semua ini. karena negara ini adalah tanggungjawab kita bersama.
jujur, saya bukan orang yg pinter ngomongin politik, ideologi atau kepemerintahan. waktu SMA aja, saya pernah terancam dapat nilai 4 untuk PPKN, karena bikin keributan dengan telur dan air waktu ada temen sekelas yg ultah.
saya juga gak terlalu hobi sejarah, apalagi sejarah indonesia, mumet...
terlalu banyak rekayasa, hingga rasanya saya tidak mengenal bangsa saya sendiri. kata orang bijak "bangsa yg besar adalah bangsa yg menghargai jasa pahlawan-pahlawannya" pahlawan yg mana? yg benar2 pahlawan kadang tidak terekspos, malah yg bukan pahlawan dan cuma numpang beken, ada di buku sejarah anak2 SD dan jadi terkenal.
tapi saya tahu satu hal, bahwa bangsa ini harus tetap hidup. harus tetap ada...meski tertatih...
detik ini, saat saya menulis ini, ada sedikit perasaan egois yg menguap keluar. perasaan egois yg kadang saya tuangkan dalam kata2
"negara ini mo jadi kayak gimana juga bukan urusan saya!"
"saya cuma pengen jalan2, jadi backpacker, liat dunia, keluar dari negara ini!"
"kayaknya jadi warga negara amerika, asik juga!"
"saya harap masa depan saya ada dimanapun lah asal bukan di sini..."
yeah...saya egois.
padahal selama ini saya hidup dan berkembang dengan tanah dan air indonesia. setidaknya saya harus berterima kasih...
kini saya merasa, saya lebih mencintai negara yg kini saya tinggali.
negara yang dulu saya pandang dengan sedih hati.
namun kini, saya lihat dengan penuh rasa terima kasih.
indonesia pasti bisa menjadi sesuatu.
saya bersyukur karena masih mengenal orang2 itu, orang2 yg mengajarkan saya bahwa ada sesuatu yg harus saya perjuangkan.

(untuk Arya dan Catur Cimeng... ternyata masih ada sesuatu yg penting untuk dipikirkan ya!)

Tidak ada komentar: