Minggu, 24 Agustus 2008

Museum Geologi

Yeaaah...cukup mendayu-dayunya!! semakin dipikir, rasa sakit hati bakal semakin menjadi-jadi, dan akhirnya bikin kita hilang kontrol. Temen saya yang kemaren patah hati mengharu-biru itu juga sekarang udah bangkit! seneng deh rasanya bisa liat dia tersenyum lagi...dan dia menyadari betapa bersyukurnya dia karena selalu ada hari esok untuk hari ini yang buruk. Karena dengan hari esok, hari ini bisa jadi masa lalu.

Jadi, ceritanya neh, kemaren tuh hari Jumat, saya dateng ke Museum Geologi sama adek saya (catet...saya balik ke Parisj Van Java sekitar 4 hari buat ngurus sesuatu), tadinya mo kesana hari kemis, tapi pas kemis tuh adek saya terbutakan dengan baju-baju yang keren2 dan mengiba-iba untuk dibeli. Duitnya pun seakan memohon-mohon untuk dibelanjakan. Bayangin, dari jam 10 sampe jam 3 sore kita cuma ada di KINGZ dan ngublek-ublek baju ju! saya cuma duduk2 doang...dia yg hiperaktif! terserah lo deh...
Jadinya, pas kita nyampe museum geologi, udah jam 4 sore dan museumnya udah tutuuuuup doooong!! saya cuma bisa mengelus dada... sayang sekali kesempatan adik saya berkunjung ke kota kembang cuma diisi dengan window syoping, padahal tempat2 menarik kayak museum geologi yg gak ada di kota lain, justru lebih menarik buat diliat.

akhirnya esoknya pagi2 kita udah dengan semangat45 mau mengganti rasa kecele kita yang kemaren. HARI INI HARUS KE MUSEUM GEOLOGI, Hiiiyyyaaaaattt!!!
dengan dandanan khas turis domestik yang udah keren bgt, kita naik angkot dari dago ke jl.diponegoro (yaelah...angkotnya itu lho yg bikin drop!) pas udah nyampe museum, kita dengan PD-nya lngsung masup. Eh...tiba2 dicegat bapak2 berseragam khas satpam.
"Bade kamana neng geulis?"
"Bade ka museum pak!"
"kan ini hari jumat neng..."
"Lha terus?"
"Tiap jumat, museum kan tutup."
MAMPUS!!

Ya amplop...
dandanan sih udah keren, udah PD abis, eh...tutup coba!
kata satpamnya lagi, tiap minggu museum ditutup hari jumat, karena sabtu-minggu mereka tetep buka. jadi kasian karyawannya kan kalo gak ada hari libur sama sekali. Bo, kasian saya juga kali udah kecele dua kali...
lagian kenapa gak ditulis di plang tanda masuk sekalian sih! MUSEUM TUTUP TIAP JUMAT, jadi bisa menghindari wisatawan imut-imut kayak saya dari serangan malu!

akhirnya hari jumat itu kita kembali ke jalur sesat. adik saya bilang "kak...hari ini tinggal beliin baju2 buat si dia and the gang!" ya ampyyyuuunnnn...terserah lo deh!
dan dimulailah lagi acara belanja gila2an ala adek saya. dan saya...tetep setia dengan duduk2 saja.

besoknya, kira2 jam 10 pagi, akhirnya kita berhasil masuk ke museum geologi. bukan baru pertama kali sih saya kesana, cuma, tiap masuk kesana, sensasinya tetep sama...FOSIL DINASAURUSNYA KEREEEEEEEEENNNNN!!!
gila ya, itu fosil asli kagak sih?! keren bgt gituuuuu....
berasa kayak di film NIGHT ON THE MUSEUM.
kira2 kalo malem, fosil2 itu pada hidup gak ya???
ato jangan2 tiap hari jumat mereka arisan, makanya hari jumat ditutup, takut ngganggu pas acara ngocoknya. hehehehe

di museum geologi saya liat macem2, (yaiyalah!) gak cuma fosil, tapi juga tengkorak2 manusia dan batuan2 gitu. waktu itu saya liat INTAN. saya baca deskripsinya gitu, katanya, intan itu batu terkeras yang pernah ada. tadinya dia tuh batu biasa, tapi...karena dia mengendap didalam bumi, terus makin lama makin dalam hingga 8000km, dia dapet tekanan yang keras dari panas bumi. lama2 warnanya berubah, dan pas ditambang, taraaaaaaa...keluarlah intan yg luar biasa indah dan kalo dijual, harganya ngajak melarat.
hebat kan?!

begitulah alam mengajarkan kita. kalo kita samain intan dengan manusia, maka seorang manusia, baru bisa jadi bersinar kalo mereka udah ditekan, ditempa dengan keras dan mengendap. coba bandingkan dengan manusia yang hidupnya enak2 aja, dia cuma bakal jadi batu. kembarannya dimana-mana. pasaran.
seperti juga penulis, biasanya karya masterpiece lahir justru dari seorang yg sedang tertekan. mama saya bilang "ketika seseorang dalam kondisi tertekan, perasaannya justru semakin tajam"
so, kalo lagi kena masalah, inget ya "intan bukan sekedar intan, intan adalah batu yg tertekan, dan dia bersinar karena itu, akupun akan bersinar karena ini."
semangat!

tidak cuma intan, alam juga memberi kita pelajaran dari proses terbentuknya mutiara.
awalnya seekor kerang akan membuka-tutup cangkangnya dengan cepat karena dia takut akan ada debu yg masuk ke tubuhnya. debu-debu itu akan melukai dirinya. suatu ketika, ada debu yang masuk, dan kerang dg reflek mengeluarkan semacam zat atau cairan yg akhirnya merubah debu itu jadi mutiara.
see???
kerang saja bisa merubah hal yg negatif jadi positif, dia bisa merubah sesuatu yg melukai dirinya menjadi sesuatu yg berharga. bisakah kita seperti itu? mengubah apa yg menyakiti kita menjadi kesempatan?
pasti bisa dong!

saya jadi inget kata2 papa minggu lalu waktu saya pulang.
"jangan mudah menyerah...kamu lihat adik kamu yg masih bayi? waktu dia keluar, mama ditangani dokter dan banyak suster. dibawa ke rumah sakit dan mendapat perawatan yg maksimal. sekarang kamu lihat kucing? dia kalo melahirkan sendirian...gak ada dokter, gak ada suster, dan gak dibawa kerumah sakit. buat bersiin anaknya, dia jilat2 tubuh bayinya sendiri...itu naluri. kalau kamu sudah buntu, berpikirlah dengan naluri."

Tidak ada komentar: