Kamis, 19 Maret 2009

All u can eat

Saya rada2 nggak gitu ngeh sama restoran sebangsa Hanamasa, Miyazaki, ato Shobu Nobu. Itu loh, restoran All You Can Eat yang kita boleh makan sepuasnya tapi dengan syarat: harus masak sendiri.
Makan disana harganya kisaran 60-100rb. Ada beberapa restoran yang nggak menerapkan batas jam kunjungan. Kayak Hanamasa misalnya, kita boleh disana sampe jam berapa pun. Kita boleh disana dari mulai jam buka sampe jam tutup, asal jabatan kita satpam.
Jadi ntar tuh dimeja yang kita pesen, kita dapet sepanci panas air mendidih yang udah dibumbui seadanya, panggangan daging, sama bumbu2 teriyaki, kecap manis, asin, minyak wijen yang porsinya seuprit.
Nah, dagingnya, kita ambil sendiri di bar di tengah restoran. Segala macam jenis daging sapi, ayam, sama ikan ada disana. Masih mentah, jadi ntar kita sendiri yang masak.
Saya nggak gitu suka dengan konsep yang satu ini.
Konsep All You Can Eat nya saya suka, cuma kalo Self Cooking-nya mana tahan. Oh Plis… kenapa saya harus masak sendiri di restoran???
Ini mah kayak saya belanja sendiri di pasar terus masak dirumah!
Rasa hasil masakannya pasti sama: Karung Goni Dikecapin.

Pertama kali ke Hanamasa, saya bikin panggangan nya gosong, terus apinya berkobar-kobar, saya ngambil air kuah di panci terus saya siramin ke apinya. Ccuuusssss…mati. Ah, selamet.
Saya nggak tau kalo minyak wijen itu nggak boleh disiramin ke api.
Ya maklum dong, kan nggak ada Buku Panduan-nya!!
Udah gitu, ada beberapa daging yang meski udah dipanggang lama, tetep aja keras. Digigit malah nggigit.
udah ah, males. Daripada saya maksa gigit terus, daging itu saya lempar aja ke api. Dan terjadilah hal memalukan itu. Panggangan mengeluarkan bunyi kayak benda terbakar, rada keras. Nggak berapa lama, mbak2 dan mas2 pramusaji yang make baju kimono dateng. Mereka ngecek panggangan, dan berkata: “ada daging yang nyelip di sumbunya!”
saya senyum2 innocent: “masak sih… kok bisa ya?”
pelayan cewek: (panik) “iya nih, maaf ya mbak, panggangannya mo dibenerin dulu, mbak bisa pindah ke meja sebelah. Biar saya rapikan lagi, mari.”
Yes! Yes!
Itu artinya dapet bumbu2 lagi.
Hahahahaha…

Setelah merasa mahir di Hanamasa (paling tidak saya jadi tau kalo sumpit di restoran itu dipake di tangan buat makan, bukan buat tusuk konde)
Next time saya nyoba makan di Miyazaki.
Yang ini jepang abis. Lebih besar dari Hanamasa. Harganya lebih mahal. Pelayan2nya juga lebih manusiawi. Nggak dandan pake baju kimono kayak orang mau main Kabuki, tapi baju item putih biasa. Awal saya masuk, saya kira itu ruang sidang skripsi kampus. Maklum, kalo sidang, kita juga make baju item-putih khas pelayan. Apakah itu berarti kampus saya akan mencetak calon2 pelayan berkualitas? Oh, who knows…

Lanjut, di Miyazaki, model panggangannya lebih tertutup, jadi nggak semua makanan bisa jatuh kea pi dibawahnya. Safe lah.
Lalu mulailah saya makan dengan membabi-buta. Waktu mau minum, saya kira, like Hanamasa yg all you can drink, kita bisa sepuasnya ngambil Teh Thailand yang enak bgt, ternyata nggak dong…
Pilihan kita cuma jatuh ke Es Campur. Ya, es campur di restoran Jepang memang sangat tidak nyambung. Tapi hanya itu minuman yg termasuk menu all you can eat. Bisa kebayang, abis kenyang makan, kita disuruh makan es campur???
Melihat itu, salah satu pelayan nyamperin saya: “ini menu minumannya mbak, harganya terpisah, silahkan dilihat dulu.”
Saya melihat daftar menu dan tercekat, es teh manis aja 8000!! Ini jualan apa ngerampok sih…
Saya jawab: “oh iya mas, ntar ya saya liat dulu. Kalo udah mo pesen baru saya bilang.”
Pelayan: “boleh mbak silahkan, kami tunggu.”
Tunggu deh sono sampe tua!

waktu berlalu, tenggorokan saya mulai kerasa penuh. I need drink. Tapi yang nggak campur sari. Cuma air putih aja lebih baik.
Daripada saya kalah ngelawan bujukan si pelayan, saya lebih milih nyiduk air dari bongkahan es di bar Es Campur. Kan es tu dibawahnya suka ada air yang menggenang tuh…nah, saya ambil aja, plus es2 nya sekalian. Sampe abis…
Si pelayan menatap saya dengan bingung. Kayaknya dia pengen negur, tapi nggak enak…
Bodo ah,
Saya minum aja.
Nggak berapa lama saya lihat ada ibu2 pengunjung restoran lain yang mau bikin es campur, dia bengong liat baki es nya kosong.
Ibu2: (manggil pelayan) “mas kok kosong?”
Pelayan: “iya bu lagi di ambilin lagi…”
Saya menatap itu dengan senyum najong. Sori bu…

Saya kembali menekuni masakan saya sambil baca buku.
Tiba2 ada pelayan dateng lagi. Kali ini beda dg yg nawarin minum. Dia bilang, “maaf mbak piring2nya bisa saya angkat?”
Saya bengong.
Lalu dia ngangkatin piring2 didepan saya.
Saia: “hei, saya kan belum selesai makan!”
Pelayan: “maaf mbak, tapi udah lebih dari 2jam”
Saia: “emangnya kenapa?”
Pelayan: “yah saya liat mbak sudah selesai makan.”
Saia: “eh, sok tau, siapa bilang?!”
Tapi dia tetep ngangkatin semua piring saya. Keseeeellll bgt kan!!
Oke, saya nurut. Saya bangkit dari tempat duduk, saya liat piring minyak wijen masih belum diangkat. Karena kesel, saya ambil aja,terus saya siramin ke api lewat lubang2 di atas panggangan.
Segera apinya jadi besar.
Si pelayan gelagapan.
Saya melangkah dengan ringan ke meja kasir.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

si kuntil ini memang ga bakat jadi orang kaya ...

Grüß,
Ronggolawe

Anonim mengatakan...

Ndeso banget sih bahahah

Unknown mengatakan...

Heheheee lucu2. Kbtlan jg mw makan d hanamasa ni lg cari tips2 y

Unknown mengatakan...

Heheheee lucu2. Kbtlan jg mw makan d hanamasa ni lg cari tips2 y

Harits Indi Pradana mengatakan...

whoop, why you so rude & tacky??

Unknown mengatakan...

Baru baca sekarang dan tercengang.. dude, whats wrong with you???

Unknown mengatakan...

wkwk ngakak lah, kampungan amat

Likalily mengatakan...

Kampungan amat 🤣🤣🤣 Mau lu duduk-duduk doang belum makan kalau masa batas waktu udah habis ya udahlah.