Kamis, 19 Maret 2009

Cita-citaku

Semalem saya nggak bisa tidur. Rasanya badan teh makin nggak enak. Saya belum cerita ya, kemaren, berhubung lagi demam, dan agak lamaan di ruang produksi yg full AC, praktis pulang2 saya kena pilek Menyebalkan sekali bukan. Pilek penyakit yang bikin napas kita mampet sebelah. Udah gitu ngeluarin ingus. Ya, pilek yg itu. Saya udah nyoba tidur dengan berbagai posisi. Tengkurep, terlentang, duduk, jongkok, sampe nungging!! Teteup ya… ni idung nggak mau plong2 juga! Heran deh!
Akhirnya…saya pasrah.
Saya ngambil laptop, yang biasa saya pake buat nabok nyamuk. Saya buka file di private data. Mata saya tertuju pada folder Cita2ku.
Folder itu memang saya khususkan untuk memuat semua konsep rencana masa depan. Ada perasaan romantis saat saya melihat isi tu folder. Bukan, bukan karena apa yang saya baca disitu. Sebagian besar tulisannya sudah serius. Karena folder ini tertulis th 2006, saat2 saya mulai menggunakan logika dalam mengatur masa depan. Sungguh bikin mumet.
Saya justru inget waktu saya masih SD. Waktu saya masih sangat lucu dan polos (hhoooeeexxxx…)
Waktu itu saya sering ditanya guru SD di setiap kelas.
Waktu SD kelas 4:
Guru : “Kuntil kalo udah besar pengen jadi apa?”
Saia : “Cinderella!!!”
Guru : “…”
Saat itu, menurut saya jadi Cinderella adalah cita2 yang cool. Bayangkan! Saya bisa jadi istri pangeran tampan yang kemana-mana pergi naik kereta buah labu! Asyik sekali bukan!
Saya juga bakal punya sahabat sekeren ibu peri. Tentu saya bisa minta apa saja hanya dalam satu lambaian tongkatnya.
Saya nggak ngerti kenapa bu guru kurang setuju dengan cita2 saya itu. bukankah seharusnya dia bangga punya murid berwawasan luas seperti saya? Hohoho.

Lanjut, di SD kelas 5 saya ditanya lagi sama guru yg berbeda.
Pak guru : “Kuntil kalo sudah besar pengen jadi apa?”
Saia : “Istrinya Jack Dawson!!”
Pak guru : (ambil napas panjang) “kamu jangan nonton film Titanic, umurnya belum cukup.”
Ya, saya belum tau kalo Jack Dawson itu nama aslinya Leonardo DiCaprio. Waktu malem2 saya ngintip om dan tante (yg kebetulan lagi main ke rumah) nonton Titanic. Mmm…itu pertama kali saya ngeliat ada cowok gagah kayak gitu! Saya langsung putuskan untuk jadi istrinya. Mengerikan memang, anak kelas 5 SD udah mikirin mau jadi istri. Tapi begitulah cool-nya saya. Karena rambut saya ini ikel, jadi cita2 saya suka muluk2.
Lho??? Nggak nyambung ya?

Kelas 6 SD. Saya ketemu sama guru baru lagi. Kali ini ibu-ibu tua yg lebih bijak. Dia nasehatin ke semua murid kalo mulai dari sekarang harus berani merancang cita2 (tuh kan, saya bilang juga apa! Kita harus berani merancang cita2. saya harus berani jadi Cinderella atau Nyonya Dawson! Ugh!) si ibu guru tua bilang: “Anak-anak, apa yang paling kalian suka? bisa jadi itu adalah langkah awal yang baik untuk menjadi seperti yang kalian cita2kan. Kalo suka ilmu alam, kalian bisa jadi dokter. Kalau suka ilmu itung2an, bisa jadi pilot, insinyur, ilmuwan. Kalau suka ilmu sosial, bisa jadi pengacara. Nah, pikirkan apa yang paling kalian suka. Lalu mulailah bercita-cita. Tulis cita2 kalian itu diselembar kertas. Nanti minggu depan, kasih ke bu guru.”

Saya mendengarkan dengan khidmat. Sungguh mencerahkan kata2 bu guru tua ini. seperti nyanyian burung rajawali. Eh, rajawali atau merpati sih?
Saya mulai berpikir ulang. Saya nggak begitu suka Cinderella, karena dia kemana-mana pake sepatu kaca berhak tinggi. Saya bisa kepeleset 5 menit sekali kalo harus pake itu.
Nggak, jadi jelas Cinderella bukan keputusan tepat.
Saya juga nggak begitu suka Jack Dawson. Karena dia ngomong pake bahasa Inggris! Padahal saya kan nggak bisa ngomong pake bhs Inggris… ntar kalo ngobrol gimana ya? masak harus pake bahasa isyarat… akan sangat tidak romantis sekali bukan.
Nggak, saya nggak bisa jadi istrinya Jack Dawson. Meskipun nanti dia memohon-mohon. Nggak, dia harus bisa bhs Indonesia dulu baru boleh ngelamar saya. Ugh!

Sampainya dirumah saya kepikiran sama tugas bu guru ini. benar juga, bentar lagi saya SMP. Saya harus mulai serius belajar naik motor, eh, mikirin cita2. Mau jadi apa saya nanti?
Saya mulai mengingat saat jam pelajaran apa yg paling saya sukai disekolah? Nggak ada. Saya cuma suka jam istirahat aja.
Saya suka nonton tivi. Tapi akan sangat nggak canggih sekali kalau tulisan di tugas saya nanti: cita-cita saya adalah menonton tivi seumur hidup. Sangat tidak spektakuler!
Lalu saya inget. Hal yang paling saya suka, bidang yang paling saya kuasai: Makan.
Ya, suka makan adalah jalan saya menuju masa depan yang cerah.
Saya akan menjadi: Pengusaha Warteg.

Sungguh ide yang maha brilian. Kenapa nggak kepikiran dari dulu ya… dengan menjadi pengusaha warteg, saya bisa makan sepuasnya sekaligus dapet penghasilan! Sungguh masterpiece!
Menurut saya, Warteg itu keren. Kalo warteg ini dijadiin frencais, pasti yang sebangsa KFC itu kalah. Karena warteg dapat menjangkau lingkungan manapun, kapanpun, bahkan ada yg sampe buka 24jam, Circle K mah Lewwwaaatttt!!! Kalo saja beneran ada kehidupan di Bulan, warteg juga pasti hadir disana. Satu2nya saingan berat warteg adalah Restoran Padang.
Tapi restoran padang nggak jual nasi rames. Teteup…itu brand nya warteg. Saya harap beberapa warteg ada yang ngajuin Nasi Rames ke kantor hak paten. Biar kalo nanti McDonald mau niru, bisa langsung dituntut.
Segera saya tulis konsep cita2 itu di kertas tugas. Lengkap dengan kecanggihan manajemennya. Berhubung saya orang pekalongan, maka saya nggak akan pake nama warung tegal. Tapi warong pekalongan. Disingkat: Warlong.

Warlong. Sungguh nama yg indah. Kece dan enak didengar. Seperti nama orang luar negri. Mmm…zimbabwe.
Warlong ini, menurut ramalan bisnis saya, bakalan sukses di tahun2 pertama. Dan akan makin raksasa di tahun2 selanjutnya.
Menu nya akan sangat variatif. Dari mulai nasi hingga teh manis. Ogh! Keren!
Para pelayannya juga saya haruskan dari jajaran akademis. Minimal lulusan S1 universitas negri. Hingga mereka bisa menyajikan pesanan pembeli dengan oke. Warlong ini akan dibuka di banyak tempat. Dalam satu kota bisa sampai 10-20 cabang, biar kayak ATM. Setelah 2 tahun, saya akan segera buka cabang di Tokyo, London, Manhattan, Moskow, hingga Istanbul.
Namanya akan saya tambahin The biar makin cihuy. The Warlong.
Pusat The Warlong, tentu saja seperti pusat2 perusahaan kapital raksasa lain di Indonesia, ada di Jakarta. Tepatnya di bilangan Sudirman, deket gedung Direktorat Perindustrian. The Warlong akan jadi perusahaan multilevel yang bisa ngalahin sophie martin. Uh waow.
Gedung kantor pusat The Warlong akan sama artistiknya kayak gedung DPR/MPR RI. Lengkap dengan Air mancur di halaman depan, dan atap gedung yg mirip keong.
Satu porsi nasi rames, harganya akan mengikuti arus bursa efek. Jadi jika indeks Nikkei sedang naik, maka harga nasi rames akan naik pula.
mmm…canggih.
Pembayaran juga bisa dilakukan dengan autodebet, credit card, atu cek. Itu demi memudahkan para eksekutip muda yang mau makan enak, tapi males bawa uang banyak2.
Saya yakin warlong akan menjadi ikon baru bagi pekalongan. Nggak batik mulu. Lagian masak cuma orang tegal sama padang aja yang terkenal. Kita juga bisa dong! Hohohoho…

Meskipun agak aneh untuk ukuran anak kelas 6 SD mikirin perusahaan kayak gitu, tapi, saya emang telahir keren. So, maklum saja kalo pikiran2 saya ini selalu spektakuler. Wakakakakaka…
Judul tugas saya waktu itu bukan Cita2ku, tapi Spekulasi Masa Depan. Kata spekulasi saya denger dari siaran berita di televisi. Trus saya tanyakan artinya ke tante yg kebetulan lewat.

Satu minggu kemudian. Saya kasih tugas saya itu ke bu guru tua. Dia baca sebentar, ketawa, baca lagi, lalu senyum.
Senyum yang sangaaaat menenangkan.
Dia menepuk2 pundak saya, “Kuntil, kamu bisa jadi apapun yang kamu mau. Asal, berani berusaha. Untuk daya imajinasi, ibu beri kamu nilai 100! Tapi untuk tulisan mmm…nanti diperbaiki lagi ya…”
Uh..saya bangga. Ternyata hanya tulisan cakar ayam saja yg dikritik.
Konsep the warlong itu bertahan lama. Sampe mama saya mencak2 protes. Katanya kalo saya buka industri warteg, akan banyak orang yang mati keracunan.

Sekarang semuanya sudah berubah. Setahun kemarin saya ikut reuni SD. Saya ketemu lagi dengan bu guru tua, dia masih bijaksana, dia bertanya dengan lembut, “gimana The Warlong-nya? Sudah ada kemajuan?”
Saya hanya tersenyum.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ya oloh. sedarinkecil bakat nggak beresnya udah ketauan