Senin, 23 Maret 2009

Hidup ini kontes

pernah liat acara mamamia atau idola cilik? dimana anak kecil bergaya yg nggak sesuai dengan umurnya. yg nyanyi2 sambil nari2 dengan bedak setebal 3cm? sangat serem sekali bukan. anak kecil itu bakal nyanyi2 lagu-lagu cinta orang gede, yg saya yakin mereka sendiri belum tau artinya apa. lalu anak2 itu bakal dikomentarin sama empat juri. "suara kamu begini..."
"kenapa baju kamu begitu..."
"emosi kamu kurang menonjol..."
"kamu jajan mie ayam belum bayar ya?"
tadinya saya kasian sama anak-anak itu. bayangin, orang yang udah gede aja, belum tentu bisa menerima segala komentar baik positif ataupun negatif secara lapang dada. apalagi anak kecil? lagian menurut saya, masih banyak cara lain untuk berkarya, selain harus jejingkrakan di atas panggung dengan sorot lampu warna-warni.

cuma sekarang, saya rasa, nggak diacara itu, atau dikehidupan nyata, kita emang bakal bersinggungan dengan ruang sosial yg didalamnya nggak cuma kita yg hidup. tapi juga ada orang lain. orang lain yg bakal dengan bebas berkomentar macem2 ttg diri kita. itu hal yg sangat wajar. saya pun pasti bakal komen "ih homo!" kalo liat cowok pake kaos pink ketat sama sepatu high heels.
segala tinda tanduk kita, baik itu yg mengganggu kepentingan orang lain atau tidak, pasti nggak lepas dari komentar sekitar. masih mending kayaknya mamamia sama idola cilik, mereka jurinya cuma empat. kalo kita? sedunia aja gitu...

kadang miris juga sih kalo ngeliat ada orang yg di cap begini, begitu, buruk, aneh, jahat, kuper, dsb yg nyakitin. padahal mereka nggak pernah mengganggu orang yg komen2 itu. rasanya kayak kita menjudge orang, padahal kita sendiri nggak tau siapa dia.
lebih perih lagi kalo misal kita udah berusaha berbuat sebaik2nya tapi tetep dibilang "kok kayak gini sih..harusnya begitu!" wah...rasanya pengen garuk2 tanah aja.
emang ennnaaak? sekali2 empati sedikitlah...
lagian apa sih standarisasi seseorang bisa dikatakan baik? no body`s perfect men...
udah gitu, siapa sih kita? punya hak apa kita buat ngatain orang begini, begitu, buruk, aneh, jahat, kuper? hanya karena seseorang memilih untuk menjadi lain dengan kebiasaan yg ada selama ini, nggak lantas bikin orang lain berhak menjudge dia yg nggak2. come on men... saya kira ini negara merdeka dimana setiap individu berhak menjadi seperti apa yg dia mau, asal nggak melanggar hukum.

mikir praktisnya aja deh. kalo salah ya dimaklum. kalo bagus diliat, kalo nggak bagus ya nggak usah diliat.
so, sepertinya kita harus tahan mental dg yg model beginian, kalo nggak mau bersinggungan dg oranglain, ya hidup aja di bulan. akan susah bagi kita untuk merubah sistem yang sudah ada. lagipula, kita nggak bisa merubah orang lain, kita hanya bisa merubah diri kita sendiri.
karena itu, maaf ya temen2 kalo kadang saya komen nggak enak. saya sendiri menyadari saya nggak suci, masih banyak salah disana-sini, nggak berhak menjudge orang lain seenak udel. saya sedang mencoba menikmati sekitar, bukan menghakimi...

Tidak ada komentar: