Selasa, 17 Maret 2009

The Guy Next Door

hmmmm...
jadi gini critanya.
the family next door, ato bhs rusia-nya "tonggo ngarep omah" atau bhs manusianya "tetangga" saya tiba2 kedatengan tamu. bukan ding. dia tu sodaranya tetangga saya. jadi critanya dia tu lagi praktek kerja lapangan, lalu stay di rumah tetangga saya itu.
nah, tetangga saya itu nggak bisa dibilang tetangga juga. lebih tepatnya sodara.
kita udah deket bgt.
mama saya biasa buka acara live GOSIP LOKAL ON AIR disana.
kepala suku di rumah tetangga saya itu, biasa saya dan adik2 saya panggil dengan sebutan sayang: Abah...
lebih sayang lagi kalo ditambah "Abah...baru pulang tugas luar kota ya? oleh2nya mana?" ato
"Abah...rambutannya udah menggoda tuh... kapan nih rencananya mau ngasih ke kita2???" bisa juga
"Abah, pinjem motornya! cepetaaaan!!! mo ngejar tukang somay ini teh!!"
hahahaha...

istrinya si abah, kita panggil Bu Is.
kenapa nggak Umi???
nggak ah...
kan cuma di pekalongan ini...
panggil abah-umi rasanya kayak di kuwait aja.
si Bu Is ini cocok bgt sama si mamah.
sama2 hobi ngegossip.
pokoknya dari mulai gosip lokal, nasional, sampe internasional...mereka ngerti semua!
kalo lagi ngumpul, bisa berjam-jam. kadang GOSIP LOKAL ON AIR nya di gelar di rumah saya, kadang di rumah Bu Is. mereka belum bakalan berhenti kalo bibirnya belum pada biru2.

suatu ketika, pas saya balik ke pekalongan, mama saya langsung nodong
Mama : "Til, buku Maryamah Karpov kamu mana? itu temen kamu mau minjem!"
Saia : "Siapa mah? kenapa ngomongnya sama mamah, minjem langsung ke saya aja kan biasanya..."
Mama : "Orangnya pemalu."
saya mulai merasa ada yg nggak beres.
nggak ada temen saya yang pemalu. yg malu2in sih banyak.
Saia : "Siapa mah?"
Mama : "Itu lho erik (bukan nama sebenarnya (wow kayak di tabloid kriminal aja) hehe)...adiknya tomi, temen kamu dulu!"
emang susah ya jadi orang keren, mendadak banyak bgt yang mau temenan sama saya ;P
Saia : "oooh...sok lah, pinjemin aja."
Mama : "dia lagi dirumah Bu Is lho, lagi PKL, sana kamu maen2!"
Saia : "Bujug! masak saya yg nyamperin duluan."
Mama : "Sanalah... maen bareng! daripada maen sama Vila terus. kan lebih enak maen sama yang seumuran."
Saia : (dengan males karena lagi capek abis turun dari bus) iyeeeehhhh..."

abis tu...saya lupa.

beberapa hari kemudian, ujan2, pintu rumah saya diketok. tok tok tok...disini nenek gerondiiing...apa ketannya sudah mateng? ngaco!
bukan nenek geronding.
ternyata ada dua anaknya Bu Is yang masih kecil2 dateng ke rumah, dg ujan2an gitu...kasiaaan bgt liatnya.
kayak settingan sinetron Ratapan Anak Tiri gitu.
eh, tiba2 mereka nyeletuk.
"Mbak, kita disuruh mas erik kesini buat minjem bukunya..."
HAH?!!!
something wrong deh kayaknya...
ini mereka yang saking sayangnya sama kakak sepupunya sampe nekat ujan2an, ato...saking pemalunya tu kakak sepupu nyuruh adik2 ini ujan2an demi meminjamkan dia sebuah buku???

yah... anggep aja yang pertama lah ya...
positif thinking aja.
lagian mungin si erik itu lagi capek abis pulang PKL. saya juga dulu waktu PKL capeeeekkkk bgt. rasanya pulang2 tu nggak punya kaki lagi. kakinya sampe mati rasa saking pegelnya. hohohoho...ekstrim.
tapi emang iya kok, so saya pinjemin.

selang beberapa hari...
saya maen kerumah Bu Is.
biasalah...ngikutin perkembangan termutakhir dunia pergosipan mereka. apakah angelina jolie jadi pisah sama brad pitt??? atau isabella jadi buka cabang di Greenland???
sebangsa itulah...
nah, disitu saya ketemu si erik.
saya kira dia bakal nyapa, senyum, ato paling nggak natap saya kek.
ternyata...dicuekin abis...
huhuhuhuhu...
padahal saya kira kita bakal bahas buku rame2. kan jarang2 saya ketemu temen yang sama2 suka baca buku, cowok lagi. biasanya cowok tu sukanya cewek...yaiyalah. kalo suka cowok berati ada something wrong.
ya maksudnya...gimana ya...
saya kira bakal temenan asik gitu.
tapi, nggak apa2lah...kan kita nggak bisa ngatur orang ya, cuma bisa ngatur diri kita sendiri.
cuma waktu saya godain si Abah (yang hanya Tuhan saja yang tahu kenapa di usia tuanya masih tergila2 sama Shireen Sungkar dan segala sinteron Cinta Fitri yang ngujubile mbingunginnya itu)
Saia : "Bah, nanti saya beliin kasetnya The Sisters ya! itu yang nyanyi Shireen Sungkar sama kakaknya lho. yang lagunya Aiyaiyaiya... itu."
Abah : "Wah, nggak seneng nyanyi aku...senengnya nonton sinetronnya aja."
Bu Is : "Abah tuh, biar ada tamu kalo Cinta Fitri udah mulai, langsung nonton! kalo ketinggalan nanya 'tadi gimana? gimana?' gitu..."
Saia : "Puber kedua memang agak mengerikan ya"
eh si erik ketawa lho!!! padahal celetukan saya itukan nggak lucu.
tapi tetep...nggak mau liat saya!
jadi saya masih rancu, dia ketawa karena celetukan saya ato karena lagi nonton tivi.
cuma, syukurlah, akhirnya si gunung es itu mau menunjukan mimik muka lain selain muka cueknya yang kayak orang lagi hernia itu.

hmmm...
kemaren saya dapat kabar terakhir dari mama kalo erik udah balik ke semarang. udah nggak di Bu is lagi. baguslah...lama2 disana dia bisa mumet denger si ibu2 IWAPI (ikatan wanita penyebar isyu) itu ngegosip. saya aja mana tahaaaaaannnnn...
tapi praktis ya, selama saya liburan, selama dia disana, meski kita pinjem2an buku, meski kita di satu ruangan, kita nggak pernah saling bicara.

nah gunung es, goodluck ya!
maen2 lagi...

Tidak ada komentar: