Kamis, 19 Maret 2009

Marni Fm

Semester 4,5,6 saya dapet mata kuliah jurnalisme elektronik. Itu artinya bukan cuma belajar telepisi, tapi juga radio.
Waktu belajar telepisi, lumayan enak…dosennya suka bawa peralatan layar tancep gitu, jadi kita belajarnya lebih seru.
Kalau radio, menurut saya, agak susah2 gampang.
Peralatannya lebih mudah dari tivi, tapi prosesnya yang hanya audio bikin ribet. Radio itu theatre of mind. Jadi harus menciptakan gambaran sesuai ucapan si penyiar di benak pendengar. Agak susah memang.
Dan waktu itu saya jarang dapet nilai baik untuk praktek radio.
Praktek pertama saya dan teman2 nggak kebagian mau bikin radio yg kayak gimana (ya, kita diberi radio sendiri, yang boleh kita namain dan kita susun sendiri konsep acaranya sampe ke iklan2nya sendiri)
Keren memang. Tapi karena kita kehabisan tema, akhirnya saya putuskan untuk bikin radio dangdut aja!
Saya tau banyak yg protes. Tapi plis deh, dangdut is the music of my country gitu locchhh!! Lagian kita bisa bikin acara dangdut secara gaul gituuuh…nggak kalah deh sama acara2 radio retro yg lain!
Akhirnya, beneran dibuatlan program Marni Fm. Saya pilih nama Marni karena menurut saya nama itu sangat dangdut. Tadinya mo saya kasih nama Syamsyul, tapi ditolak mentah2.

Tadi siang, waktu ngantor, saya yang daritadi malem ngerasa meriang, rada nggak konsen dengan tugas dari Station Manager. Dia nyuruh saya bikin skrip acara di radio tempat saya kerja sekarang. Konsep yang lama dinilai terlalu kaku. Kemaren2 waktu saya bikin skrip Iklan Layanan Masyarakat, station manager itu rada kurang suka, waktu saya bikin vox pop juga dia kurang puas.
Makanya waktu tadi disuruh bikin skrip untuk acara pagi2 di hari senin, saya rada bingung juga. Ni station manager nggak belajar dari pengalaman apa ya? saya kira bakal ditempatin jadi OB karena gagal mulu. Sekarang malah dikasih yang lebih berat.
Karena sangat pusingnya, saya bingung mau ngambil tema apa. Saya tau program senin pagi-nya radio itu. Agak kaku untuk ukuran hari senin. Banyak orang bisa makin Hate Monday kalo kayak gini…
Berhubung buntu dan demam yang makin kerasa, saya ambil aja konsep acara Marni Fm.
Judul acaranya: Senin Lagi, Rebek Lagi, Enjoy aja Lagi…
Saya bikin senorak mungkin isi skripnya. Temanya tentang: Istri Boros. Saya kasih berbagai alternatif pilihan jika kebetulan pendengar adalah suami dengan istri boros: gunting kartu kreditnya, atau buang dia ke Cadas Pangeran!
Dengan tagline khas: 100,1 Marni Fm your gonjreng dangduts station!!!
Dan sapaan ke penonton: Hai Dangduters… Salam Peace, Love and Dangduts Selalu…
Lagu2 yg diputer juga sebangsa Gitar Tua-nya Rhoma Irama ato Selamat Malam-nya Evie Tamala.

Alhasil, skrip itu jadi sangat norak.
Bodo ah, saya kasih aja ke Station Manager.
Abis tuh saya mabret ke ruang produksi sebelum di teriakin “KuntiiiiiLLLL, apa2an iniiiii???!!!”

Sejam saya nunggu di ruang produksi.
Si Station Manager kok nggak negor2.
Pas saya mau bilang, dia keluar dari ruangannya.
Dia bilang: “Kuntil, skrip kamu bagus, seru, ntar kita pake di acara hari senin ya… ada beberapa yg harus dirubah, kayak taglinenya, kita kan radio kesehatan bukan dangdut, tapi isinya saya pake semua. Bagus kok.”
HAH?!
Serius nih?! Kan beda bgt dg konsep sebelumnya…
Oh, mmm…mungkin emang harus berani norak kalo mo eksis kerja di media.
Overall, saya bangga juga dipuji kayak gitu. Hohoho…thx Marni…

Tidak ada komentar: