Minggu, 27 Juli 2008

Cinta Aja, gak Akan cukup!

Kemaren saya pulang ke Pekalongan. Liatin adek yg baru. Lucu! Lucu! Lucuuuu!! Sumpah, lucu bgt! liat si mama abis bersalin juga asa gimanaaaaaa...gitu. keliatan makin cantik! si papa juga asa seneeeeeng...bgt gitu...
dia malah bilang sama yg jenguk, "rasanya kayak baru punya anak." sambil cengengesan.
malemnya pas menyusui pertama, adik saya (belum juga dikasih nama...kita sebut saja DECIL, adek kecil) mama saya kesakitan gitu, sampe nangis...maklum, si Decil gusinya masih tajem2 (kata mamah sih...) trus papah tu yg ngeliatin, sambil ngusap2 rambutnya mamah. Wow...i think, itu sweet bgt!
mereka udah 21 tahun menikah, selama yg saya liat, mereka sering berantem juga. Tapi ya itu...akhirnya baikan lagi, baikan lagi, namanya juga suami-istri. Pernah suatu ketika saya nanya sama mama:
SAIA: Mama gak bosen sama papa?
MAMA: Rasa bosen mah pasti ada, namanya juga manusia...tapi gimana ya...rasanya tuh udah jadi kebiasaan aja sama papa kamu, kalo dia gak ada, malah hidup mama jadi aneh.
SAIA: Tapi kalian tuh lumayan sering berantem, kadang juga gak sama pendapatnya, kok tahan sih?"
MAMA: semua manusia itu beda, kalo mama gak sama kayak papa, wajar dong! dalam rumah tangga, setiap laki-laki dan perempuan itu punya dua dunia, dunianya sendiri dan duna untuk rumah tangganya. Kalau dalam dunia pribadi, mama sama papa mungkin banyak perbedaan, tapi dalam dunia rumah tangga, kita berdua sama.

How nice...

Melihat mama dan papa saya yang seperti itu, membuat saya tidak takut menikah. Pertengkaran mereka selama ini adalah proses pendewasaan melalui cara unik yg akhirnya justru semakin merekatkan mereka.
Mereka seumuran. Dulunya temen sekelas. Makanya, kalau ada yang bilang, "jangan nikah sama laki2 yg seumuran! egonya masih sama, ntar bisa cepet bubar!"
ah...nggak juga...
orang tua saya adalah bukti jelas bahwa untuk bisa bersama, gak perlu ada ketentuan umur maksimal atau minimal.
kemarennya sebelum saya pulang, saya ngeluh sama temen kos saya "kayaknya didunia ini udah gak ada yg tulus lagi ya! semuanya komersil! gak di Jakarta, gak di Bandung, gak di Semarang! nyebelin!"
tapi waktu ngelit mama mau nyusuin decil, ngeliat papa ngelus2 rambut mama, bikin saya ngerti, meskipun sangat tipis...didunia ini masih ada sesuatu yg tulus. Mungkin gak dijabarkan dengan kata2, tapi pemandangan itu sudah cukup memberi banyak makna.
Sudah sering saya nonton film Hollywood yg pandai mem-blow-up cerita cinta sampai jadi sangat romantis dan ekstrim...tapi malam itu, melihat papa, mama dan decil, sesentimentil apapun produksi Hollywood, rasanya gak ada cinta yang seperti itu. Sederhana...tapi dahsyat.
Kalau hanya mengandalkan cinta dan sayang, mungkin orangtua saya sudah lama berpisah. Terus terang, perjalanan hidup mereka sangat sulit. Cinta dan sayang adalah hal picisan yg terus digembor-gemborkan, tapi sebenarnya sangat dangkal.
Mereka mau bertahan, karena mereka merasa nyaman satu sama lain. Rasa nyaman itu yg gak bisa dibeli dengan apapun. Nyaman tanpa harus jadi oranglain, nyaman ngapa2in aja, karena mereka saling memaklumi kekurangan masing2.
Mereka juga selalu punya keinginan untuk terus hidup bersama sampai tua. Keinginan itu yg menguatkan mereka sampai sekarang...
Mungkin orangtua saya memang tidak punya cinta layaknya api unggun yg panas bergelora dan membara, tapi akan padam begitu kayu bakarnya habis...
Mereka cuma punya api dalam petromax yg kecil, redup2...tapi tetap hangat.
Bukankah itu yang semua orang cari?

Tidak ada komentar: