Selasa, 01 Juli 2008

Sekolah Baruuu…Jaminan mutu!!

Si Legam yang akhirnya lulus dari seragam putih-biru, sekarang Alhamdulillah, berkat doa orang se-kecamatan, dia berhasil juga nimbus ke SMA N 3.

Almamater saya tuh!

Pasti guru2 disana lagi pada khilaf, makanya mereka gak sadar waktu nerima si Legam. Bo, secara ya, si Legam tuh anaknya males abet! Ujian aja boro2 bisa lulus. Kalo kagak ya terpaksa dia masuk pesantren! Biar agak beneran dikit.

Proses masuk SMA nya tuh ribeeeet. Banyak bgt SMA di Pekalongan, tapi, seperti kebanyakan orangtua2 lain, papa-mama saya pengen anak cowok satu2nya itu masuk ke SMA favorit. Padahal mah, SMA mana pun sama aja. Kurikulumnya sama, yang diajarin sama, menteri pendidikannya sama, sampe presidennya juga sama, Cuma guru sama lokasi sekolahnya aja yang beda.

Lagian sekolah kata saya, gak menjamin masa depan seseorang. Yang jadi presiden aja kadang ternyata bukan lulusan sekolah favorit. Tapi ya itu tadi, bias gengsi. Kalo anaknya kuat mah gak masalah, tapi kalo anaknya masuk secara terpaksa demi gengsi doang, itu dia yang gak kece cing! Masuknya gampang, ntar keluarnya susah mampus…

Gak jauh beda sama saya yang dulu ngotot pengen masuk PTN berkelas di Bandung. Rada beda sama sodara2 saya yang cukup puas dengan menjadi bagian PTS terkemuka di Jogja sono, saya yang rada obsesif, pengen menjajal peruntungan di PTN, kali2 aja masuk. Kalo gak ya…gpp. Yang penting tantangannya dapet, jadi lebih punya taste!

Saya juga nyadar, mau sekeren apa Perguruan Tinggi yang saya masuki, kalo saya nya males mah sarua oge! Tapi gak tau kenapa yah, waktu itu saya nekat bgt, padahal nyebrang propinsi kan susah ya di UMPTN.

Alhamdulillah…lolos juga.

Meskipun sekarang…ribet gila saya di kampus! Rasanya udah lama saya jadi warga klan jatinangor-dipatiukur, tapi kenapa gak beres2 juga ya…

Konsentrasi ilmu yang sekarang saya ambil emang rada susah, SKS-nya banyak. Udah gitu tiap mo SP percepatan, saya telaaaat terus (komplit bgt deh ni penderitaan…) jadinya asa lamaaa pisan di kampus. Udah bosen cing!

Biar begitu, buat saya ilmu tuh gak Cuma bisa didapet dibangku sekolah/kuliah aja. Setiap hari hidup dari pagi sampe malem, adalah rangkaian pelajaran yang justru jauh lebih penting. Sekolah/kuliah hanya ngajarin cara berpikir, tapi tidak membentuk karakter individu. Manusia akan terbentuk karakternya justru dari terpaan kehidupan sosial dan segala persoalan manusiawi lainnya. Jadi, sekolah/kuliah adalah pembentuk pola berpikir akademis biar gak gampang dibodohin orang laen, diluar itu yang penting adalah ilmu-bertahan-dan-kuat yang akan kita pelajari seiring berjalannya roda kehidupan.

Yah…semesta ini bergerak…

Manusia itu cair…

Akan selalu berubah, akan selalu ada hal2 baru yang perlu dipelajari, jadi, belajar hingga liang kubur itu bener lho!

Tidak ada komentar: